Jumat, 01 Februari 2013

Latihan Upacara Sebagai Wujud Aktifnya Kesiswaan

Kegiatan Kesiswaan
Salah satu kegiatan yang sering dilakukan di Sekolah atau Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah ini adalah Latihan Upacara yang rutin diadakan setiap hari jum'at atau sabtu sebagai bentuk persiapan untuk melakukan upaca pada hari senin.
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa agar dapat mengembangkan dirinya dalam mendalami prosesi upacara hari senin yang rutin diadakan. Upacara itu sendiri merupakan apel pagi yang dijadikan sebagai sarana untuk me-refresh kembali fikiran dan raga untuk menyambut awal minggu pelajaran setelah libur pada hari minggu.
Melatih siswa dalam melakukan laporan tiap-tiap pemimpin barisan untuk siap mengikuti upacara.



Seperti yang terlihat pada gambar diatas yang merupakan salah satu latihan upacara yang dilakukan oleh siswa dan siswi MTs. Nurul Ummah. Sebagaimana kita ketahui, struktur dalam upacara apel pagi hari senin terdiri dari :
Upacara yang selalu diadakan senin pagi ini memberikan pesan kepemimpinan, pertanggungjawaban, nasionalis, kesehatan, kecakapan, dan keberanian, sehingga latihan upacara merupakan latihan untuk mencapai sifat-sifat tersebut yang dapat ditanamkan dalam diri siswa. Latihan upacara ini merupakan kegiatan kesiswaan yang sangat perlu diadakan untuk melatih siswa dalam mendidik sifat-sifat baik.
Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi siswa khususnya dan sekolah bahkan masyarakat lain umumnya. Amiin.

by : Kesiswaan MTs. Nurul Ummah

1 komentar: